Friday, 12 May 2017

Jelajah Indonesia: Nusa Penida, Bali

Welcome to Nusa Penida, Bali, Indonesia
Nusa Penida adalah salah satu pulau di Provinsi Bali. Untuk mencapai Nusa Penida, kita perlu naik kapal. Ada beberapa pilihan, ada yang dari Sanur, ada juga yang dari Pelabuhan Padang Bai. Ada yang pakai kapal tradisional, speedboat, atau kapal ferry. Karena kemaren ini gw berangkat sama temen naik motor, jadi option kami cuma yang naik ferry dari Padang Bai. Jadwal keberangkatan kapal ferry dari Padang Bai ke Nusa Penida hanya ada satu kali sehari yaitu jam 12 siang. Untuk biayanya sendiri Rp. 31.000/orang. Kalau bawa kendaraan ada tambahannya lagi, kalau naik motor kena biaya Rp. 48.000. Perjalanan dari Padang Bai menuju Nusa Penida kurang lebih satu setengah jam kalau naik ferry.


Ini dia Ferrynya
Pelabuhan di Nusa Penida
Karena kapal balik dari Nusa Penida ke Bali cuma ada jam 10 pagi dan 4 sore, jadi kami memutuskan buat nginep sehari disini. Soalnya besoknya Cho harus balik, udah dicariin gara" nemenin gw main di Bali dan ga pulang" ke rumah semingguan ini.. Hehehe..

Penginapan di Nusa Penida termasuk cukup banyak. Tadinya kami mau ke Mel Homestay, sesuai rekomendasi dari kakaknya Cho. Tapi pas turun kapal ada bapak" yang nawarin penginapan dengan harga lebih murah, jadi kita setuju buat liat tempatnya si bapak ini dulu. Penginapan yang dimaksud bapak ini ternyata Edy Guest House, lokasinya ga jauh dari pelabuhan. Ada 5 kamar disini, ada yang pake AC ada yang cuma pake kipas angin. Untuk yang pake AC dan kamar mandi dalam harganya Rp. 250.000/malam. Sedangkan yang pake kipas angin dan kamar mandi luar,  Rp. 150.000/malam. Karena kami pikir bakalan diem di kamar pas tidur doang, jadi kami ambil kamar di sini yang pake kipas angin aja.. Biar lebih irit ceritanya,  hehe..

Setelah deal untuk kamarnya dan masuk"in barang, kami langsung berangkat menuju objek" wisata yang terkenal di Nusa Penida ini. Objek pertama yang kami tuju adalah Broken Beach. Jalan dari pelabuhan ke sana kurang lebih 1 jam aja, tapi....  Jalan menuju ke Broken Beach ini, sesuai banget dengan namanya.. Broken! a.k.a Rusak.. Kami sampe sempet jatoh 2x. Dan beberapa kali gw turun motor dulu biar Cho lebih gampang ngelewatin jalan rusaknya.. Maklum gw kan berat, hahaha..

Broken road to the Broken Beach..... Hancur jalanannya..


Menurut gw Broken Beach ini pemandangannya emang kece banget, airnya yang biru seger bikin pengen loncat dan berenang. Sayangnya kita ga bisa berenang disini. Kata ibu yang jaga warung disini, kita boleh berenang di Angel's Billabong. Lokasinya cuma 150m dari Broken Beach. Tapi ternyata pas kami kesana ada plang dilarang berenang, jadinya kami ga berani deh berenang disitu.



Broken Beach
Angel's Billabong
Katanya ini pas lagi surut, jadi kurang bagus..
Karena kepengen banget berenang, gw sama Cho nyari pantai lain buat nyemplung. So, kami mutusin buat pergi ke Crystal Bay. Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan, dengan jalan yang lumayan lebih manusiawi (di beberapa bagian ada yg rusak parah juga, tapi ga seheboh jalan ke Broken Beach) akhirnya kami sampai di Crystal Bay. Asik juga main di pantai ini, pemandangannya bagus, pasirnya campuran hitam sama coklat, dan banyak juga yang nyediain perlengkapan buat disewain. Oh ya, kalo mau ke toilet di sini bayar Rp. 5000.. Karena udah mulai gelap, kami langsung balik ke penginapan. Soalnya takut jalanannya jelek nanti lebih bahaya kalo gelap. Ternyata jalanan dari Crystal Bay ke penginapan udah teraspal dan bagus. Untunglaahh..


Crystal Bay, Nusa Penida, Bali, Indonesia

Besokannya kami naik kapal ke Padang Bai yang jam 10 pagi, karena mau ngejer kapal yang Ke Lombok jam 12 siang (ga ada kapal langsung dari Nusa Penida ke Lombok). Harga kapal dari Nusa Penida ke Padang Bai ternyata lebih murah yaitu Rp. 28.000/orang dan Rp. 39.000/motor.

Pelabuhan Padang Bai
Sebenernya 1 hari itu kurang banget buat main di sini.. Banyak banget objek wisata yang belom gw eksplor disini, seperti Pantai Atuh, Seribu Pulau, terus belum ke Nusa Ceningan sama Nusa Lembongan.. Semoga lain kali bisa main lagi ke sini deh dan semoga next time jalanannya udah diperbaiki!  Amiinn!

No comments:

Post a Comment