Saturday, 29 April 2017

Jelajah New Zealand: Roadtrip di New Zealand! (Part 2)

Hari ke-6
Tadinya hari ini kita mau ambil campervan dan langsung jalan ke arah Christchurch lagi. Tapi karena campervan yang pertama kita book di cancel kita harus cari campervan lain. Dan akhirnya kita dapet tapi baru bisa diambil besok pas hari ke 7. Jadi kita sewa mobil biasa di hari ke 6 ini cuma buat jalan" ke Glenorchy dan sekitarnya. Kemaren udah liat Glenorchy dari atas sekarang kita main ke kotanya. Well, Glenorchy ini kecil banget sih dan tampilan rumah"nya itu mirip rumah" jaman baheula.. Gw sih suka liat kota yang kayak begini ya, lucu kayak di film".. Hehe..
The little town of Glenorchy

Abis dari Glenorchy kita pergi ke Lake Sylvan buat trekking sebentar abis itu jalan lagi liat Diamond Lake. Sorenya kita ke Kinloch Lodge, buat nge camp.. Pemandangannya bagus disini,  pas banget ditepi danau Wakatipu.  Airnya juga jernih banget bikin pengen nyemplung, tapi seperti yang kemaren" airnya dinginn luaaarr biasaaah..


Salah satu view di Lake Sylvan Trekking Road
Lake Sylvan

Malemnya kita nge camp di Kinloch Lodge, dan karena kita ga pake campervan jadi kita beli makan disini. Kita cari tempat nge camp yang sekalian jual makanan, jadi ga kelaperan malem-malem.. This is the most fancy dinner so far!


Fancy Dinner di Kinloch Lodge

Hari ke-7

Pagi-pagi kita langsung balik lagi ke Queenstown soalnya, hari ini kita dapet campervan lagii,  yeay! 
Pas udah ambil campervan dan masukin barang", tiba" mba" dari rental campervan nyamperin dan bilang ternyata mereka salah ngasih campervan dong.. Dan campervan kita baru available sekitar 2 jam kemudian. Beteee.. Tapi ya mau gimana lagi namanya juga relocate van dan bayarnya cuma $5/hari. 

Early Morning at Kinloch Lake


Jadi kita keluar"in lagi barangnya dan memutuskan buat belanja bahan" makanan dulu. Selesai belanja ternyata campervan nya udah ready,  yeaay!  Daaann kita dapet campervan yang lebih kece,  wohoo! Hari ini kita jalan" ke Milford Sound habis itu jalan lagi ke arah Invercargill via Tuatapere. Mampir dulu di Te wae wae bay,  kalo liat di google map sebrangnya pantai ini langsung kutub selatan! Pantesan aja anginnya dingin walaupun summer" begini. Tadinya mau nginep di Invercargill,  tapi karena udah kemaleman kami jadi nginep di Orepuki, antara Tuatapere sama Invercargill.

Somewhere along the road
Itu ga kenal siapa... Maen poto aja, hahaha
Mirror Lakes, Milford Sound

On the way to Invercargill


Hari ke-8
Hari ini berasa cape banget padahal gw duduk doang ga pake nyetir apalagi temen gw yang nyetir ya.. Perjalanan total hari ini sekitar 12 jam. Berangkat jam 9 pagi nyampe di campsite lagi jam 9 malem. Lumayaan.. Hari ini kita mampir ke Riverton, abis itu ke visitor centre Invercargill, lanjut ke Nugget Point. Tadinya mau ke Cadbury World yang di Dunedin tapii keburu tutup karena datengnya kesorean.. Jadi lanjut lagi ke Elephant Rocks. Dari situ kita balik lagi ke arah Waitaki buat ngecamp. Hari yang panjaang.. Dan besok kudu berangkat pagi" karena jam 12 siang harus udah balikin campervan di Christchurch. Which is sekitar 3 jam perjalanan dari Waitaki. Semoga ga kesiangan lagi yaa..

Nugget Point
View di Nugget Point
Ada anjing laut yang main di bawah sana,
tapi kamera nya ga mampu foto sejauh itu...
Elephant Rocks
Magnificent view of the sky at Elephant Rocks


Hari ke-9
Kemaren gw bilang perjalanannya panjang, ternyata hari ini lebih panjang lagiiii.. Berangkat dari campsite di Waitaki jam 8 pagi dan sampai di Campsite deket Picton jam 11 malem. What a loong daayy.. Jadi hari ini kami dari Waitaki pergi ke Christchurch dulu balikin campervan dan ambil campervan yang baru lagi. Dan campervan yang baru ini keciill ga ada toilet n kamar mandinya.. Jadi harus berenti beberapa kali buat ke toilet. Hari ini kami ga banyak berenti di objek wisata karena mau cepet" sampe Picton, soalnya besok pagi" mau nyebrang ke North Island.. Paling cuma berenti sekali di Maruia Falls aja. Lumayaannn ngelempengin sama rendem kaki dulu sebelum balik duduk lagi di campervan berjam".. Hahaha

Maruia Falls

Nyebrang Pulau!
On the ferry

Hari ke-10
Akhirnya setelah keliling" South Island nya sekarang saatnya kami nyebrang ke North Island. Kami naik ferry buat nyebrangnya, booking yang paling pagi sekitar jam 9. Tapi harus udah standby disana jam 8, karena harus antri buat masukin n parkir campervannya. Perjalanan selama penyebrangan sekitar 3 jam dari Picton ke Wellington. Sesampainya di Wellington, kita keliling" sebentar abis itu liat lokasi syuting LOTR yang di Mount Victoria. Katanya ini scene yang pas hobbit"nya baru keluar dari Shire terus dikejer" riders n ngumpet. Kami keliling" lokasi tapi ga ngeh juga yang mana lokasi persisnya. Untungnya pas lagi nyari" gitu tiba" ada group tour gitu yang datang, jadinya kami nebeng deh sama mereka dengerin ceritanya dan akhirnya tau dimana lokasinya. Hahaha.. Dari sana kita lanjut ke lokasi syuting LoTR lainnya yaitu Kaitoke National Park a.k.a Rivendell! You know what, bahkan sampe papan jalannya aja ditulisnya Kaitoke National Park - Rivendell dong.. Terkenal banget kayakanya si LoTR di New Zealand ini. Sayangnya setting bangunan"nya udah dibongkar setelah film selesai syuting. Yang disisain cuma gerbangnya aja.. Setelah dari sana, kami langsung menuju ke Featherston buat ngecamp. Rencananya besok mau ke Tongariro Crossing, ini juga lokasi syuting LoTR, tepatnya Mordor. Temen gw sengaja beli cincin nya katanya mau dibuang di Mordor. Let's see lah ya dia akhirnya buang cincin atau ngga. Hahaha..

Welcome to Wellington, the Capital City of New Zealand
Wellington Cable Car
Bahkan di plang jalan ditulis Rivendell!
Come, walk the path to Rivendell :)
The gate of Rivendell


Simak cerita selanjutnya di Part 3 ya!

My New Zealand Roadtrip Mates
Oh, nama-nama yang digunakan bukan nama yang sebenar-benarnya ya, heheee :)



Saturday, 22 April 2017

Jelajah New Zealand: Roadtrip di New Zealand! (Part 1)

Kia Ora!

Salam hangat dari New Zealand! Hari pertama dari NZ trip ini, kami mulai dari kota Christchurch di South Island. Gw sama temen gw, Tee, naik pesawat dari Melbourne yang jam 12 malam, flight nya sekitar 3 jam dan perbedaan antara Melbourne dan Christchurch itu 2 jam. Jadi estimasi kami sampai di Christchurch sekitar jam 5 pagi.

Jadi awalnya itu kami cuma beli tiket berangkatnya aja, rencananya baru mau beli tiket balik pas di NZ. Karena siapa tau tetiba mau extend atau apa kaan.. Ternyata,  pas mau check in diminta tiket return sama petugasnya. Untungnya 2 dari temen gw, Han & Bong, yang berangkat duluan udah nelponin gw dan ngasih tau hal ini,  jadi gw udah beli tiketnya pas sebelum berangkat ke bandara. Semuanya berjalan lancar cuma agak delay aja pesawatnya sebentar, dan akhirnya sampai di Christchurch jam 5 lebih. Setelah proses imigrasi, pengecekan segala macem kami langsung berangkat ke hostel yang udah dibook sebelumnya. Naek bus no 29 dari bandara ke city,  dan fyi kalo naek dari bandara bayarnya NZD 8.5, tapi kalo mau jalan sedikit keluar bandara sekitar 5 menitan cuma bayar NZD 4. Lumayaann..

Touch Down Christchurch Airport!
Hari pertama di NZ kami cuma jalan" keliling Christchurch aja karena baru bisa ambil campervan besokannya. Christchurch kotanya sepii.. Dan masih banyak banget bangunan yang hancur bekas gempa tahun 2011 kemarin ini yang belum di renovasi. Bahkan ada yang malah dijadiin objek wisata.

Visitor Centre Christchurch
Replica of the famous Paua Shell house
Somewhere along the road in Christchurch

Art Gallery
Bell Tower Christchurch


Hari ke-2

We got the campervan! Puji Tuhan campervan nya ga kena cancel. Soalnya kemaren pesen campervan yang relocation. Relocation van itu kita bantuin pihak rental buat bawa balik van nya, misalnya ada yang minjem van dari kota A ke kota B nahh dia butuh bantuan buat ngebalikin van nya dari kota B ke kota A. Kalo kita sewa relocation van bayarnya cuma sekitar $5/hari. Tapi ga enaknya ya bisa tiba" di cancel bahkan pas hari H nya. Dan kita ga bisa pake lama" paling cuma beberapa hari aja. Kayak campervan yg pertama ini,  cuma 3 hari aja. Daan 2 campervan berikutnya yg udah di book kena cancel dong. . Haha.. Sudahlah gimana nanti, kalo ga dapet ya cari rental mobil atau naik bus kali yaa.. Karena alasan ini juga akhirnya gw memutuskan meninggalkan satu koper gw yang gede banget di hostel Christchurch, daripada nanti ribet bawa" kalo jadinya naek bus atau mobil kecil.

The Campervan

Soo setelah dapet campervan, kami langsung pergi belanja bahan" makanan buat nanti masak di campervan. Setelah selesai belanja, langsung berangkat ke Lake Tekapo - Lake Pukaki. Disini pemandangannya kece bangeeet.. Tapi aernya juga dingin banget nget, padahal lagi summer tapi tetep aja dingin..

Lake Tekapo
Lake Tekapo

Church of the Good Sheperd - Lake Tekapo

Lake Tekapo

Lake Tekapo Bridge

Lake Pukaki





Dinner hari pertama, Steak!
Ala-ala minum wine pas dinner



Breakfast di samping Lake Pukaki!
Lake Pukaki, sebrangnya itu Mount Cook

Malem" kami ceritanya mau stargazing dan mau poto" aurora.. Tapi alhasil 5 menit di luar dan semuanya langsung bubar menyerah gara" udaranya dingin banget.. Hahaha.. Anyway,  bintang"nya baguuuss! Tapi sayangnya ga ada yang punya kamera memadai buat foto" langit malam.. Hahahah..

Banyak saappiii, bisa dijadiin iklan produk susu.. hahaha

Hari ke-3
Tadinya mau ke Mount Cook, tapi karena kesiangan dan waktu mepet harus nyampe Queenstown besok pagi buat balikin van jadi kita ga ke Mount Cook. Kita langsung lanjut ke arah Wanaka. Dari Wanaka tadinya mau ke Roy's peak (salah satu lokasi syuting LOTR, tempat liat middle earth dari atas,  haha) tapii lagi-lagi gara" kesiangan tadi jadinya sampe sana kesorean udah jam 16.30an, dan kalo hiking ke Roy's Peak itu makan waktu kira" 6-7 jam.. Jadinya ga jadi lagi deh.. Kami akhirnya puter arah ke Lake Hawea buat ngecamp dan paginya baru ke Queenstown.. Hari kedua ini berasa nya cepet banget, mungkin gegara ngabisin waktu banyak banget buat masak".. Haishh..

Somewhere along the road

Bunga di tepi jalaan~

Wanaka


Ngelewatin Bradona, lokasinya di Cardona
Ini ceritanya setiap bra yang dikumpulkan akan diubah menjadi
donasi bagi penderita kanker payudara..

Banyak banget yang donasiin bra nya

Hari ke-4
We arrived at Queenstown! Woooo! Gw personally jatuh cinta pada pandangan pertama sama kota ini. It's such a beautiful little town. Lokasinya pas di tepi danau dan dikelilingin sama gunung". Disini juga banyak banget tour" yang disediakan, mulai dari tour ke tempat" LOTR, winery, sampai aktivitas" air atau udara macam jet ski, bungee jumping,  sky diving, dan sebagainya. Banyak banget backpacker di kota yang satu ini.

Queenstown, sweet little town.. I love it!

Queenstown

Pas baru sampe, kami langsung menuju ke visitor centre. Mau nanya" soal skydiving, kata mas" di visitor centre yang terkenal di Queenstown itu company nya NZone tapi karena terkenal jadi rame.  Kalo mau yang lebih personal ada yang namanya Skydive Paradise. Karena dia company baru, jadi belum terlalu banyak orang. Kalo harga sih sebelas duabelas lah, jadi kita pilih Skydive Paradise biar lebih personalize ceritanya..  Haha.. Untuk lokasi ada 2 option, Wanaka sama Glenorchy. Karena kemaren ini kita abis dari Wanaka, jadi sekarang kita pilih lokasinya di Glenorchy. Dan ketinggiannya pilih yang 12,000 ft aja.. Untuk harganya sendiri tergolong mahaaall yaitu NZD 335. Gw sampe mikir berkali-kali buat beli atau ngga. Tapi karena pengen coba dan pengalaman once in a lifetime jadi gw memutuskan untuk skydiving.. Haha.. Kami dapet jadwal buat besokannya di jam 9 pagi.

Habis itu kami langsung pergi buat cari makan siang. Makan siang kami hari ini adalah Fergburger,  ini burger yang terkenal banget di Queenstown. Ngantrinya aja sampe panjang keluar" restonya. Kira" ngantri 15-20 menit dan nunggu makanannya jadi juga 15-20 menit. Setelah dapet burgernya kita langsung jalan ke pinggir danau karena ga ada tempat buat makan disitu. Menurut gw burger yang satu ini emang beda sih sama burger" lain yg pernah gw makan. Dagingnya lebih enak dan bun nya agak ada crispy"nya gitu. Setelah makan siang kita pergi keliling kota dsn abis itu balik ke hostel karena besoknya harus bangun pagi" buat skydiving!  Yeay!

Fergburger!


Oleh Oleeehh
Ini bukan ngiklanin tas loh, beneran deh..


Hari ke-5
It's time for skydiving!! Wooo!! Selama di perjalanan dari Queenstown ke Glenorchy, gw berasa 50% excited & 50% takut.. Hahaha.. Pas udah sampe di tempat skydive nya dan dikasih briefing dan video presentase nya berubah jadi 70% excited & 30% takut, hahaha.. Jadi total orang yang booking jam 9 ini ada 12 orang, dan ini dibagi 4 batch (per batch bertiga). Dan kami kebagian batch ke 2. Setelah nunggu setengah jam, akhirnya tiba giliran kami buat skydiving! Hahahaha.. Pas naik pesawat tingkat ketakutan naik menjadi 60%. Ahhahaha.. Pas mau loncat naik lagi jadi 90%!! Tapi pas udah loncat dan melayang-layang di udara sambil liat pemandangan yang kece abis langsung jadi excited 99%!! Hahahaha.. Masi ada 1% takutnya sih.. Hahahaha.. Ini asik banget, kalo ada kesempatan kalian coba deh skydiving. Agak mahal memang, tapi buat pengalaman sekali"..

Ini pesawat yang menjatuhkan kita adri ketinggian 12.000 feet..
Are you ready for Skydiving?!



Glenorchy, New Zealand dari atas!
I'm flllyyyiiinggg~~
Ini dia abang yang ngedorong gw loncat dari pesawat..
dan menyelamatkan gw juga tentunya, ahahaha

Cerita selanjutnya bersambung ke postingan part 2 yaa..

My New Zealand Roadtrip Mates
Oh ya, nama yang digunakan hanya nama samaran bukan nama asli ya hehehe :)